Tips Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar dari Gejala Batuk

Saat kekebalan tubuh menurun, gejala batuk mudah menyerang anda. Apalagi saat musim flu, pentingnya meningkatkan imun tubuh untuk mencegah batuk. Kali ini, majalahjogja.com akan memberikan tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tips Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar dari Gejala Batuk

Apa manfaat meningkatkan imun tubuh bagi kesehatan ? Salah satunya agar tidak mudah terjangkit oleh penyakit, seperti batuk. Berikut adalah sejumlah tips yang dapat membantu anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya terhindar dari gejala batuk.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Asupan makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pastikan anda mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, mulai dari buah, sayur, ikan hingga kacang-kacangan. Sebaiknya hindari makanan yang berminyak supaya tidak mudah terserang batuk.

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat membantu merangsang produksi sel-sel kekebalan, meningkatkan sirkulasi darah hingga membantu tubuh melawan infeksi. Oleh karena itu, agar imun tubuh tetap terjaga dengan baik, cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

3. Mendapat Tidur yang Berkualitas

Tips lainnya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah dengan mendapat tidur yang cukup dan berkualitas, setidaknya 7-8 jam per malam. Hal ini karena tubuh akan melakukan perbaikan selama tidur. Sebaliknya, jika anda kurang tidur maka risiko terkena batuk dapat meningkat.

4. Mengurangi Stres

Tahukah anda bahwa tingkat stres yang berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh ? Untuk itu, sebaiknya kurangi stres agar sistem kekebalan tubuh anda dapat berfungsi lebih baik dalam melawan infeksi sehingga dapat terhindar dari gejala batuk.

5. Menjaga Kebersihan Diri

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan diri untuk mencegah infeksi dan gejala batuk. Sebisa mungkin cuci tangan adan secara teratur, hindari kontak dengan orang yang sedang sakit dan selalu sedia masker.

Diatas adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh supaya tidak mudah terserang batuk. Selama anda menjaga kesehatan dan kebersihan diri, semoga tidak perlu sering mengonsumsi obat batuk berdahak paling ampuh ya!