Tips Menggunakan Kalkulator Bangun Rumah Online

Ketika akan membangun rumah, tentu saja membutuhkan biaya yang tidak bisa dikalkulasi secara sembarangan. Memang biasanya jasa kontraktor ataupun developer, akan membantu untuk menghitung biaya pembangunan rumah. Namun untuk perbandingan Anda juga bisa melakukan penghitungan biaya rumah lewat kalkulator bangun rumah.

Kalkulator bangunan ini bisa anda temukan pula secara online untuk menghitung biaya pembangunan rumah secara detail. Namun sebelum menghitung dengan kalkulator bangunan, Anda wajib mengetahui beberapa faktor. Seperti misalnya luas bangunan, lokasi rumah, sampai jumlah lantai jika Anda ingin membangun rumah bertingkat dan juga jenis material yang dipakai. Jenis material tentu saja akan berpengaruh pada biaya bangunan.

Cara Gunakan Kalkulator Bangun Rumah

Berikut ini beberapa faktor yang akan mempengaruhi biaya pembangunan rumah dan perlu diketahui terlebih dahulu sebelum menggunakan kalkulator bangun rumah. Elemen apa saja yang akan mempengaruhi?

1. Hitung Luas Bangunan

Pertama Anda terlebih dahulu harus mengukur ulang luas tanah untuk membangun rumah, meskipun biasanya luas tanah sudah diinfokan oleh pihak penjual tanah. Ini dapat membantu Anda untuk memperoleh kepastian data luas lahan lebih akurat.

Untuk menghitung luas bangunan secara akurat juga bisa meminta bantuan jasa kontraktor. Atau jika ingin menghemat budget maka Anda bisa lakukan penghitungan sendiri dengan bantuan orang yang berpengalaman.

2. Dana Desain Rumah

Kemudian ada yang namanya biaya untuk desain rumah. Untuk rumah mewah, maka Anda biasanya perlu menggunakan jasa desain atau arsitek desain. Jika memang punya dana yang cukup dan ingin menggunakan arsitek desain, maka pastikan pilih yang profesional agar mengurangi resiko kesalahan struktur konstruksi rumah.

Arsitek juga dapat leluasa membantu anda untuk saran membangun rumah terlebih jika anda ingin membangun rumah dengan. Arsitek mampu membantu Anda, tidak hanya untuk membangun rumah yang punya nilai estetika tapi juga fungsional.

3. Biaya Material Bangunan

Anda juga perlu menghitung berapa biaya material bangunan terlebih untuk rumah bertingkat. Makin banyak tingkatan bangunan rumah, maka biaya materialnya akan semakin tinggi. Anda perlu melakukan pencatatan jenis dan banyaknya material yang dibutuhkan.

Pastikan sudah mencatat secara detail jenis material yang akan dipakai mulai dari pasir, batu, semen, besi, kayu dan masih banyak lagi.

4. Biaya Untuk Tenaga Kerja

Untuk membangun rumah tentu saja akan dikenakan biaya tenaga kerja yang akan membantu, karena tidak mungkin rumah berdiri hanya dengan menggunakan jasa kontraktor saja. Anda bisa memilih biaya tenaga kerja harian atau borongan, tergantung dari kebutuhan.

Namun pastikan memilih pekerja yang sudah terampil dan berpengalaman untuk membangun rumah yang berkualitas. Untuk penghitungan biaya tenaga kerja ini, tentu Anda bisa memanfaatkan kalkulator bangun rumah agar biaya yang dikeluarkan lebih akurat dan tidak membengkak.

Itu tadi beberapa biaya yang akan mempengaruhi biaya bangun rumah dan bisa anda hitung lewat kalkulator bangun rumah. Manfaatkan kalkulator ini untuk penghitungan biaya rumah lebih akurat atau bisa juga memanfaatkan jasa kontraktor bagi Anda yang tidak tahu cara mempergunakan kalkulator bangunan.

Cara menemukan kontraktor terbaik Anda bisa menggunakan Sejasa. Platform ini akan membantu Anda untuk mendapatkan referensi kontraktor bangunan berpengalaman dan juga profesional yang sudah populer di kalangan masyarakat. Referensi tersebut bisa jadi acuan untuk Anda, menemukan kontraktor yang tepat. Kunjungi Sejasa baik lewat aplikasi maupun website resmi sekarang juga dan temukan jasa-jasa lainnya sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *